Rabu, 01 Juni 2011

efek muha bedarah dengan photoshop

Kali ni busu fajar hendak madahi cara ngedit foto jadi efek muha bedarah.. etam pakai aplikasi photoshop cs3. Kenapa saya pakai cs3, karena cuma itu aplikasi di laptop saya.. hahahay. Pokoknya asek dah mun ngedit foto-foto tu.. lihati hak editan foto saya di fb, gagah-gagah kan..? memang aslinya urangnya gagah jua kalo.hihihi..


Untuk permulaan ni etam belajar cara ngedit foto sederhana aja.. pakai penggabungan 2 gambar n menghasilkan 2 efek. Pertama-tama buka aplikasi photoshop cs3, pakai shortcut ctrl+o untuk membuka file foto yang hendak di edit. Kali ni saya pakai foto saya sorang, gayanya tegak hendak nakuti hantu..



Habis tu ctrl+o lagi untuk mbuka gambar baru untuk tambahan efeknya. Kali ni saya ngalak gambar bulan, tegaknya baik dijadikan efek darah (ngira-ngira maha jua). Dah dapat gambarnya, drag (pindahkan) gambar bulan tadi ke gambar pertama dengan move tool (v). Atur sedemikian rupa kira-kira ada bagian tegak bercak darah di bagian muhanya, ubah tulisan di dalam kotak di atas blok layer pallete yang tulisannya norman (eh.. normal) jadi color burn supaya dapat efek darah. Habis tu hapus dengan makai eraser tool (e) di luar muha yang diberi efek, jadi efek ni untuk muha maha.. gambarnya kira-kira tegak di bawah ni.. (tambah lerak hak muha tu..)

Sudah..? Selanjutnya etam hendak molah efek merotak di bajunya tu. Drag lagi gambar bulan ke gambar pertama tadi dengan move tool (caranya sama tegak tadi). Ubah nama di kolom atas layer jadi multiply, habis tu diatur lagi sedemikian rupa sampai ketemu posisi pas. Hapus sisa gambar di luar baju dengan eraser tool (caranya sama jua tegak tadi), jadi bagian baju  maha yang ndik tehapus. Kendia kelihatan di Palette layer tu ada 3 layer : Background (gambar asal), layer 1 (efek muha), layer 2 (efek baju merotak). Gambarnya tegak di bawah ni..
 
Nah..! untuk muha dengan baju efeknya dah jadi. Untuk pembahasan kali ni dah cukup 2 efek tu aja, silahkan mun hendak nambahkan efek yang lain sesuai selera. Nyaman aja kalo, itu baru pakai 2 tool n 2 efek, maseh banyak efek-efek lain. Kendia hak mun saya ndik sibuk dengan kerjaan kantor, etam bahas lagi efek-efek yang lain. Ni saya tambahkan gambar sebelum di edit n sesudah di edit..

Jiiaaahhh..! makin sangar hak muha saya disitu. Mudah-mudahan siswa-siswa saya di SMKN 3 Tenggarong ndik sawan mun melihat saya ngajar.. hehehe..
Baca Selengkapnya...

Selasa, 31 Mei 2011

PSB SMKN 3 Tenggarong (Download Formulir disini)



SMK Negeri 3 Tenggarong, odah saya ngajar, mbuka Pendaftaran Siswa Baru t.a. 2011/2012.
Pendaftaran dibuka tulak bulan April sampai dengan selesai selama jam kerja Senin sampai Sabtu, informasi habis pendaftaran dengan test nya menunggu Surat Edaran tulak Dinas Pendidikan Kabupaten.


SMK Negeri 3 Tenggarong ni ada 4 Kompetensi Keahlian, yaitu : Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Multimedia. Kendia di Formulir kita bisa milih salah satu jurusan dengan tambahan satu jurusan untuk pilihan kedua. Kendia tu siswa di test tulisan dengan lisan, mun sekiranya ndik lulus di pilihan jurusan pertama, siswa diarahkan untuk jurusan pilihan kedua, jadi siswa maseh ada kesempatan untuk milih jurusan yang lain. Untuk formulirnya kawa di unduh di sini.

Formulir kawa difotocopy untuk diberikan dengan kawan, adek, dingsanak, tetangga sebelah, anak RT, anak Camat, Anak Lurah, Anak mamaknya.. mun dah pupus diisi & dilengkapi persyaratannya kawa hak diantar ke Sekretariat SMK Negeri 3 Tenggarong, Jalan Ring-Road KM.5 Loa Lepu Tenggarong. 

Amun maseh kemak dengan informasi ni, hubungi aja nomor hp saya, Fajar Alamsyah : 0852 5040 4646. Hubungi aja pas jam kerja, amun kita mehubungi malam maaf aja hak saya ndik dapat melayani, nyaman ndeloh mun malam.

iii dah hak tu yoh.. itu maha hak yoh info tulak saya.. mudah-mudahan banyak peminatnya. Mun kita minat tama jurusan multimedia pasti ketemu saya, urangnya gagah, arif bijaksana.. (hahahahay..)
SMK BISA...!

Baca Selengkapnya...

Rabu, 25 Mei 2011

cara ngeprint hemat

Biasanya kan ada tu file word yang isinya puluhan halaman atau ratusan yang harus etam print untuk berkas. Wadak leeh, mun sampai ngeprint segalanya tu tekor bandar..! makan tinta banyak, kertas banyak behabisan, ndik efektif lah.. lemari berkas penoh dengan tompokkan kertas tegak tu maha.


Nah.. ni ada cara supaya hemat makai tinta n kertas bila etam hendak ngeprint yang jumlahnya pulahan atau ratusan halaman. Pokoknya hemat beneh, sesuai dengan kondisi etam sekarang, bensin hemat, pitis hemat, belanja hemat, apa-apa hemat.. Caranya sederhana maha, mun dah tahu syukur hak tu.. kesahnya ni untuk yang belum tahu maha..

Pertama-tama etam buka file microsoft office word (.doc) atau portable document format (.pdf) yang hendak diprint. Lihati dulu, halamannya banyak ndik yang hendak diprint.? mun sedikit maha baek ndik usah hak di hemat-hemat.. sekek namanya tu..!

 Klik toolbar print atau hndak gampangnya ctrl+p
eitttss.. jangan di print dulu.. klik printer properties.. klik page setup, di bagian page layout pilih page layout printing. Habis tu klik di kotak duplex printing untuk beri tanda checklist. duplex printing tu supaya kendia printnya bolak-balik, mun hendak ngeprint di lembaran muka maha ndik usah aja di tandai duplex printingnya. Habis tu di klik OK.. gambarnya tegak di bawah ni..

Gampang aja kalo..? setidaknya nambah ilmu dikit lah.

Kendia tu hasilnya selembar kertas dapat hasil print 4 halaman (lumayan hemat klo..).  Sambil ngeprint di tunggui hak yoh, mun dah setengah jalan ada perintah minta balik kertas untuk ngeprint di kertas sebelahnya lagi.

Tapi, namanya jua ngeprint hemat, ukuran font jua jadi hemat... hehe. Tinggal mata maha lagi yang diuji, kuat  ndik mata mbaca tulisan halus tegak tu (mun ukuran font standar 12 berubah kira-kira jadi ukuran 8).

Saran saya : jangan pakai cara ni mun hendak ngeprintkan untuk urang tuha, takutnya sida bemamai maha.. mun ada gambar burung di situ, sida langsung carang " nade ku telek burung terabeng...!"
Baca Selengkapnya...

Molah dvd video untuk dvd player

Bagi yang gawal ngoleksi video n hendak menyimpannya ke kaset DVD supaya dapat diputar di TV dengan DVD player pasti asyik beneh. Tahu haja hak, urang lebeh gawal nonton film di TV dibandingkan laptop, apalagi hak urang tuha, mana hak sida ngerti cara mutar film di laptop. mun ada dvd player kan gampang maha tu..


Nah, dingsanak.. busu.. mbok.. ni ada program gratis & open source, namanya DVD FLICK. Kita klik aja tulisannya, langsung ada halaman web perintah untuk ngalak (download) aplikasinya. etam dapat menyimpan segala format video ke kaset DVD untuk putar di TV dengan Video player.

Amun dah teinstall, selanjutnya etam jalankan aplikasinya. langkah pertama tu Konfigurasi Setting. Klik Menu Project Setting. Di Menu General bagian Title, isikan judul Video (project) yang dihendaki yang kendia hendak nampil sebagai judul DVD. Pilih hak Target size yang dihendaki, standardnya tu kan 4.3 GB ( coba kita beli dvd blank di toko fotocopy atau counter komputer, mun di odah haji maslan n toko paluy ndik ada). Encoder Priority pilih Below Normal atau Normal. Penjelasannya bisa etam lihat dengan ngeklik icon kuning dengan tanda tanya disebelahnya.


Habis tu di bagian Video, untuk wilayah etam (Eropa, Asia , Afrika) pilih PAL. Setting video lainnya biarkan aja tegak tu, kecuali mun hendak coba-coba lain, tapi saya ndik betanggung jawab mun kita salah kocek. Habis tu, di Bagian Burning, dapat memilih Create ISO Image, untuk menghasilkan keluaran dalam format *.ISO yang kendianya kawa etam burning ke DVD, jika etam hendak langsung menyimpan hasilnya ke DVD ( harus ada DVD-RW dan DVD kosong yoh, murah maha leh.. harganya Rp.6000) bisa etam dipilih Burn Project to disc. atau mun ndik pilih aja kedua-duanya,  file-file DVD disimpan di hardisk. Pupus mengatur Project Setting, klik Accept.

Habis tu etam dapat manambahkan video-video yang hendak etam masukkan dalam DVD. Kapasitasnya ditunjukkan dalam tampilan progress kuning di sebelah kiri ( dalam persen), jangan sampai kelebihan tulak 4,3 gb yoh. Etam dapat menambahkan segala format video yang didukung dengan ngeklik tombol +Add title… Etam jua bisa ngedit pengaturan masing-masing video dengan klik Edit title atau double klik tiap-tiap video.


Habis segala video ditamakan jangan ndik ingat untuk menyimpan Project, klik Save Project. habis tu jika etam memilih keluaran dalam bentuk ISO atau disimpan ke hardisk, pilih wadahnya yang bisa diatur di bagian bawah Project destination folder. Pastikan space (memori) maseh cukup untuk menyimpan filenya. Dah segalanya diatur, klik Create DVD untuk memulai proses molah DVD file.



Prosesnya ini biasanya makan waktu cukup lawas, sesuai dengan durasi total video dan CPU (Processor) komputer yang etam pakai. kawa kah kita sambil mbeko, bekesahan, tidur setumat.. Tenang aja, mun prosesnya dah pupus langsung burn otomatis ke dvd (jangan ndik ingat, sebelumnya tamakan hak dulu dvd blanknya).

Tegaknya jelas aja kesah saya di atas tu yoh.. mun maseh ndik paham,hmmm.. tegak mana yo. pegi'i aja saya di SMKN 3 Tenggarong atau rumah saya di mangkuraja (jangan ndik ingat bawakan makanan.. hehe..)


Baca Selengkapnya...

Jumat, 01 April 2011

reset hp nokia

assalamualaikum..
bingung hp nokia mu sering hank..! mungkin karena bawaan aplikasi yang error atau problem lainnya..
biasanya kita lakukan setting di pengaturan-umum-pengaturan pabrik-restart. namun kadang hasilnya masih belum maksimal. agar hasilnya lebih maksimal, coba kita reset hp dengan mengetik di menu depan *#7370#
otomotis hp minta direstart. hasilnya berbeda dengan settingan di pengaturan karena ini benar-benar disetting dari awal, mulai dari bahasa, jam, tanggal, dan pengaturan lainnya.

namun sebelum melakukan reset hp, coba diperiksa dulu data-data kita, seperti kontak, foto, musik, sms ataupun yang lainnya, apakah sudah disalin ke memori eksternal. karena hasil reset nanti akan menghapus semua data dan aplikasi di memori telpon kecuali data dan aplikasi bawaan hp (default).
semoga info ini bermanfaat, sebenarnya ini ilmu lama tapi tidak salah kita ingat-ingat lagi karena kadang teman-teman sering nanya bagaimana cara reset hp nokia. wassalam..

Baca Selengkapnya...

Kamis, 17 Februari 2011

Big Free Clock

Big Free Clock adalah aplikasi Jam digital dan analog dengan layar penuh dan warna bisa diubah.. Fungsinya kurang lebih seperti gadget pada windows 7. Gunakan fungsi 12 jam atau 24 jam yang otomatis disesuaikan dengan  dengan gambar latar background dan dapat berubah ke gambar baru secara teratur.


coba aplikasi Big Free Clock di link : http://download.cnet.com/Big-Free-Clock/3000-2350_4-10774287.html?tag=contentMain;contentBody
Baca Selengkapnya...

Rabu, 16 Februari 2011

Virtual-DJ (belajar nge-DJ)

Bagi yang pernah punya cita-cita jadi DJ tapi gak kesampaian. Tau aja kan, harga alatnya berapa? mahaaaalll.. terus untuk mengerti penggunaannya kita harus belajar pada ahlinya.. Nah.. ini ada aplikasi DJ yang lumayan mengobati rasa penasaran kita menggunakan alatnya (entah apa namanya..). tapi kalo via laptop agak terbatas penggunaanya, karena kita terpaku pada satu mouse.. pokoknya coba aja dah.. saya juga baru download.. klik di linkhttp://download.cnet.com/Virtual-DJ/3000-18502_4-10212112.html?tag=contentMain;contentAux Baca Selengkapnya...

Selasa, 15 Februari 2011

Selamat Datang

Assalamu'alaikum wr.wb..
Alhamdulillah... inilah postingan pertama saya. di sini kita bisa berbagi cerita, ilmu, dan lain sebagainya.. Baca Selengkapnya...