Bagi yang gawal ngoleksi video n hendak menyimpannya ke kaset DVD supaya dapat diputar di TV dengan DVD player pasti asyik beneh. Tahu haja hak, urang lebeh gawal nonton film di TV dibandingkan laptop, apalagi hak urang tuha, mana hak sida ngerti cara mutar film di laptop. mun ada dvd player kan gampang maha tu..
Nah, dingsanak.. busu.. mbok.. ni ada program gratis & open source, namanya DVD FLICK. Kita klik aja tulisannya, langsung ada halaman web perintah untuk ngalak (download) aplikasinya. etam dapat menyimpan segala format video ke kaset DVD untuk putar di TV dengan Video player.
Amun dah teinstall, selanjutnya etam jalankan aplikasinya. langkah pertama tu Konfigurasi Setting. Klik Menu Project Setting. Di Menu General bagian Title, isikan judul Video (project) yang dihendaki yang kendia hendak nampil sebagai judul DVD. Pilih hak Target size yang dihendaki, standardnya tu kan 4.3 GB ( coba kita beli dvd blank di toko fotocopy atau counter komputer, mun di odah haji maslan n toko paluy ndik ada). Encoder Priority pilih Below Normal atau Normal. Penjelasannya bisa etam lihat dengan ngeklik icon kuning dengan tanda tanya disebelahnya.
Habis tu di bagian Video, untuk wilayah etam (Eropa, Asia , Afrika) pilih PAL. Setting video lainnya biarkan aja tegak tu, kecuali mun hendak coba-coba lain, tapi saya ndik betanggung jawab mun kita salah kocek. Habis tu, di Bagian Burning, dapat memilih Create ISO Image, untuk menghasilkan keluaran dalam format *.ISO yang kendianya kawa etam burning ke DVD, jika etam hendak langsung menyimpan hasilnya ke DVD ( harus ada DVD-RW dan DVD kosong yoh, murah maha leh.. harganya Rp.6000) bisa etam dipilih Burn Project to disc. atau mun ndik pilih aja kedua-duanya, file-file DVD disimpan di hardisk. Pupus mengatur Project Setting, klik Accept.
Habis tu etam dapat manambahkan video-video yang hendak etam masukkan dalam DVD. Kapasitasnya ditunjukkan dalam tampilan progress kuning di sebelah kiri ( dalam persen), jangan sampai kelebihan tulak 4,3 gb yoh. Etam dapat menambahkan segala format video yang didukung dengan ngeklik tombol +Add title… Etam jua bisa ngedit pengaturan masing-masing video dengan klik Edit title atau double klik tiap-tiap video.
Habis segala video ditamakan jangan ndik ingat untuk menyimpan Project, klik Save Project. habis tu jika etam memilih keluaran dalam bentuk ISO atau disimpan ke hardisk, pilih wadahnya yang bisa diatur di bagian bawah Project destination folder. Pastikan space (memori) maseh cukup untuk menyimpan filenya. Dah segalanya diatur, klik Create DVD untuk memulai proses molah DVD file.
Prosesnya ini biasanya makan waktu cukup lawas, sesuai dengan durasi total video dan CPU (Processor) komputer yang etam pakai. kawa kah kita sambil mbeko, bekesahan, tidur setumat.. Tenang aja, mun prosesnya dah pupus langsung burn otomatis ke dvd (jangan ndik ingat, sebelumnya tamakan hak dulu dvd blanknya).
Tegaknya jelas aja kesah saya di atas tu yoh.. mun maseh ndik paham,hmmm.. tegak mana yo. pegi'i aja saya di SMKN 3 Tenggarong atau rumah saya di mangkuraja (jangan ndik ingat bawakan makanan.. hehe..)



Tidak ada komentar:
Posting Komentar